Pelaksanaan Program BPI Sebagai Sarana Dakwah Guru Dalam Rangka Menginternalisasi Nilai Pendidikan Akhlak Di SDIT Harapan Umat Karawang

Authors

  • Ervin Nurkhalizah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Junaedi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.514

Keywords:

Program Bina Pribadi Islami, nilai pendidikan akhlak, Dakwah

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui akhlak siswa di SDIT Harapan Umat Karawang. (2) untuk mengetahui pelaksanaan program Bina Pribadi Islami  (BPI) dalam menginternalisasi pendidikan akhlak  di SDIT Harapan Umat Karawang. (3) untuk mengetahui hasil kajian Islam Bina Pribadi Islami (BPI) dalam menginternalisasi nilai pendidikan islam di SDIT Harapan Umat Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk akhlak peserta didik, pelaksanaan BPI untuk mengetahui hasil Pengembangan Pribadi Islami dalam membina akhlak peserta didik di SDIT Harapan Umat Karawang . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden mengenai penerapan Islam Pengembangan pribadi. Sedangkan data sekunder berupa teori dan data pendukung lainnya diperoleh dari literatur dan sekolah dokumentasi arsip. Semua data tersebut merupakan bahan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pengembangan Bina Pribadi Islami (BPI) di SDIT Harapan Umat Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembinaan  Bina Pribadi Islami dalam Pembinaan akhlak peserta didik di SDIT Harapan Umat Karawang, yaitu melalui pembinaan yang meliputi pembinaan dengan keteladanan, bimbingan dengan pembiasaan dan bimbingan dengan nasehat (3) Hasil dari Pembinaan Pribadi Islami (BPI) dalam membina akhlak peserta didik di SDIT Harapan Umat Karawang cukup baik, dimana siswa telah mampu menunjukkan perilaku sesuai dengan yang ada indikatornya, antara lain mampu melaksanakan shalat berjamaah dan doa, shalat sunnah dhuha dan almatsurat pagi petang, membaca dzikir setiap selesai shalat dan seterusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tantowi and Ahmad Munadirin (2022) “KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR`AN SURAT AL-AN’AM AYAT 151 PADA ERA GLOBALISASI”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1), pp. 351–365. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.265.

Aisah, S. (2019). The Role of Islamic Personal Development Mentors in Improving the Spiritual Intelligence of Grade VIII Students of SMP It Bina Insani Metro for the 2018/2019 Academic Year. Iain Metro State Islamic Institute.

Juraini, F. H. (2018). Moral Development for Students in the Learning Process at SD Negeri Unggul Lampenerurut Aceh Besar. Scientific Journal of Elementary School Teacher Education, 3(2), 35–44.

Fathurrohman, M. F. (2016). The Influence of Student Activities in the Maghrib Community Movement Reciting Against Their Learning Achievements in Islamic Religious Education Subjects. . Darussalam Islamic Institute.

Murni Yanto, Syaripah, "Application of Social Theory in Growing the Morals of Grade I Children at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong." Journal of Basic Education and Learning, Vol.4 no.2 (2017), h.65.

Nasution, H. A. (2019). Social Pathology and Family Islamic Education.Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

NURHAYATI, R. (2019) “PENGARUH KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DAN DAERAH OBJEK WISATA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2(2), pp. 51–67. doi: 10.31943/afkar_journal.v4i1.59.

Sungkowo, "The Concept of Moral Education (Comparison of Al-Ghazali's Thought and the West)." Journal of Nur El-Islam, Vol.1 no.1 (2014), h.34

Tim BPI JSIT Indonesia, Petunjuk Pelaksanaan BPI JSIT Indonesia, 2019.

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Ervin Nurkhalizah, Achmad Junaedi and Ferianto (2023) “Pelaksanaan Program BPI Sebagai Sarana Dakwah Guru Dalam Rangka Menginternalisasi Nilai Pendidikan Akhlak Di SDIT Harapan Umat Karawang”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 63–72. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.514.

Issue

Section

Articles