Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I

Authors

  • Rizal Bachruddin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferianto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.525

Keywords:

Pengembangan, karakter religius, implementasi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha pada peserta didik di SDN Pasirkamuniung I . Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menegaskan bahwasanya dalam pembinaan karakter religius,  peserta didik di bimbing untuk melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian peserta didik tidak salah dalam melaksanakan sholat dhuha dan dapat melaksanakan sholat dhuha dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan dalam Islam. Adapun karakter yang diharapkan dari pembinaan melalui sholat dhuha adalah  Karakter Religius  (mengerjakan ibadah  sunnah  disamping  ibadah  wajib). Dengan dibiasakan melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, peserta didik dapat terbiasa melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh sekolah/sesuai dengan ajaran Islam, selain itu juga akan menjadikan peserta didik lebih disiplin baik dalam melaksanakan sholat dhuha maupun pada kegiatan yang lain. Selanjutnya peserta didik dibiasakan mengantri dengan tertib ketika mengambil air wudhu, dengan dibiasakan mengantri peserta didik dapat lebih tertib dan teratur dalam mengambil air wudhu maupun pada kegiatan yang lain, dengan mengantri peserta didik juga diajarkan tentang kesabaran pada saat menunggu giliran untuk mengambil air wudhu.

Kata kunci: karakter religius, wudhu, sholat dhuha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Jurnal Spiritual, 1(1), 43-54.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

Jasmadi, & Muslimah, L. (2016). Hubungan Kualitas Dzikir Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswa Aktivis Dakwah Kampus (ADK) Unsyiah. Jurnal Psikoislamedia, 1(1), 1-22.

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. Jurnal Unisia, 37(82), 18-30.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.

Zaman, B. (2016). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. IAIN SALA TIGA, 1-21.

Azmi, Muhammad.2006. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Thomas Lickona. 2013. Pendidikan karakter: panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik (diterjemahkan oleh: Lita S). Bandung: Nusa media.

Agustian, Ary Ginanjar.2005. Rahasia Sukses Membangun kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam. Jakarta; Argha.

Abdullah, Syafi’i. 2000. Tuntunan Shalat Dhuha & Tarawih. Surabaya: Arkola.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Rizal Bachruddin, Astuti Darmiyanti and Ferianto (2023) “Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Pada Peserta Didik Di SDN Pasirkamuniung I ”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 111–120. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.525.

Issue

Section

Articles