Perencanaan Strategi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Di SDN Rawagempol Kulon I Cilamaya Wetan

Authors

  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Aan Puspita Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Fitriah Yuliasari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nani Suryani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Wahyu Rananda Saputra Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.613

Keywords:

Strategi Pendidkan, Perencanaan Strategi, 8 Standar Nasional Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi pendidikan yang dilakukan sekolah jenjang SD yaitu di SDN Rawagempol Kulon I Cilamaya Wetan dalam merumuskan kegiatan pada RKJM ( Rencana Kerja Jangka Menengah ) agar terselenggaranya pelayanan pendidikan yang dapat memenuhi ketentuan dari  PP 19 tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan dengan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar, pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar penilaian dan standar pembiayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan terkait masalah yang dibahas. Dengan metode ini diharapkan mendapatkan informasi atau data deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan strategi pendidikan SDN Rawagempol Kulon I Cilamaya Wetan telah tertuang dalam RKJM ( Rencana Kerja Jangka Menengah ) sebagai acuan dalam proses pendidikan. RKJM adalah acuan tercapainya 8 standar nasional pendidikan dengan target pencapaian pada tahun 2023 walau banyak tantangan yang dihadapi dalam pencapaian 8 standar tersebut. Juga hasil evaluasi diri secara detail dan rinci upaya yang diperoleh dari hasil raport mutu sekolah untuk setiap standar nasional pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, D. G. (2016). Perencanaan Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar). PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2).

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Rukajat, A. (2019) “TEACHERS PROFESSIONALISM DEVELOPMENT STRATEGY TO INCREASE THE QUALITY OF GRADUATION; Case Study in SMK Al-Mukhtariyah, SMKN 5 Garut, and SMKN 6 Garut (STRATEGI PEMBINAAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN; Studi Kasus pada SM”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2(1), pp. 87–103. doi: 10.31943/afkar_journal.v3i1.35.

Arbainsyah, Ahd. Fauzi, Muhammad Al Mighwar and Ujang Nurjaman (2022) “PERENCANAAN STRATEGIS PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1), pp. 72–86. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.237.

Marus Suti. (2011), “Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan”, MEDTEK, Vol. 3 No. 2, (Oktober, 2011), 2.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 19 Tahun 2007, tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rencana Kerja Jangka Menengah SDN Rawagempol Kulon I Cilamaya Wetan Tahun 2019-2023.

Undang - Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Hanafiah, Aan Puspita, Fitriah Yuliasari, Nani Suryani and Wahyu Rananda Saputra (2023) “ Perencanaan Strategi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Di SDN Rawagempol Kulon I Cilamaya Wetan”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 606–714. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.613.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)