Strategi Pengembangan Organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah Cicalengka

Authors

  • Tentri Septiyani Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah Cicalengka
  • Nurainiyah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Syatiri Ahmad Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah Cicalengka
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Supyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.490

Keywords:

Pengembangan Organisasi, Balanced Scorecard (BSC), Mutu Pendidikan

Abstract

Pengembangan organisasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta, begitupun di Perguruan Tinggi Agama Islam Al-Falah Cicalengka. Hal ini karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan perguruan tinggi, khususnya dalam pengembangan organisasi yang menyangkut perspektif keuangan, layanan, pembelajaran dan peningkatan. Balanced Scorcard (BSC) sebagai alternatif pengembangan organisasi di STAI Al-Falah Cicalengka yang merupakan perguruan tinggi swasta yang hendak mengoptimalkan layanan pendidikan dengan potensi sumber daya yang ada sesuai dengan Zaman sekarang, tuntutan lingkungan internal dan eksternal. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi dalam pengembangan organisasi Perguruan Tinggi di STAI Al-Falah Cicalengka., Untuk mengetahui penerapan visi, misi, dan strategi yang telah dilaksanakan oleh STAI Al-Falah Cicalengka dengan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif, data yang didapatkan lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel, dan bermakna, Hasil penelitian ini bahwa Pengembangan organisasi sangat penting dalam meningkatkan kemampuan organisasi di STAI Al-Falah Cicalengka dimulai dari penekanan pada hubungan antar individu, kelompok dan organisasi yang berkaitan dengan fungsional, struktural, teknikal serta personal. Pengembangan organisasi dikembangkan berlandaskan visi dan misi yang           jelas, dan diikuti serta dilaksanakan oleh setiap  individu yang terlibat dalam pengelolaan, yang akhirnya mutu perguruan tinggi STAI Al-Falah Cicalengka sesuai dengan harapan. Paradigma perkembangan pendidikan dan adanya regulasi banyak membawa dampak, masalah SDM yang menjadi hal yang krusial dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Mutu dosen dan keefektifan pegawai kependidikan menjadi hal yang utama untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi, juga dalam hal meningkatkan daya saing lulusan perguruan tinggi karena mutu lulusan perguruan tinggi merupakan salah satu indikator untuk menilai kekuatan daya saing suatu perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus S. Wahyudi, 1996, Manajemen Strategik, Pengantar Proses berpikir Strategik, Jakarta: Binarupa Aksara

Dale S. Beach, 1975, Personel: The Management of People at Work, Third Edition, New York: MacMillan Publishing Co. Inc.

Edward Sallis, 2006. Total Quality Management in Education, Jogyakarta:IRCiSoD

Freddy Rangkuti. 2011. SWOT Balanced Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Freddy Rangkuti. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Tahapan Perencanaan Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siti Khotimah. 2011. “Perumusan Strategi bagi Perguruan Tinggi Swasta untuk Meraih Keunggulan Bersaing.” Tesis, Program MM Universitas Brawijaya

Koontz, Harlod, Donnell Cynlo, Weinrich Heinz, 1995, Manajemen, Jakarta: Erlangga

Moekijat, 1993, Pengembangan Organisasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Robert S. Kaplan & David P. Norton, (2000), Balanced Scorcard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Jakarta: Erlangga;

Siagian, P. Sondang, 1995, Manajemen Strategik, Jakarta: Bumi Aksara; Soekarton, 1992, Dasar-dasar Organisasi, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press

Salusu J., 1996, Pengambilan keputusan strategik untuk organisasi publik dan organisasi nonprofit, Jakarta: PT Gramedia

Soraya, Hanuma dan Endang Kiswara. 2008. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Astra Honda Motor), Jakarta.

Stewart, T. A. 1999. Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations, Currency/ Doubleday, New York, NY.

Stewart, T. A. 2001. The Wealth of Knowledge Intellectual Capital and the Twenty-First Century Organization, Nicholas Brealey, London.

www.kemendiknas.go.id, 2012, Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sembel dan Santo.

Published

2023-01-20

How to Cite

Tentri Septiyani, Nurainiyah, Syatiri Ahmad, Iim Wasliman and Supyan Sauri (2023) “Strategi Pengembangan Organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah Cicalengka”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), pp. 300–313. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i1.490.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)