KAJIAN NILAI PERJUANGAN DALAM NOVEL MAHBUB DJUNAIDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF ANALISIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR NOVEL SEJARAH

Authors

  • Ramadhan Attalarik Iskandar Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i2.295

Keywords:

novel

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini ialah mengenai nilai perjuangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang: (1) Unsur intrinsik; (2) Nilai teguh pendirian; (3) Nilai sabar dan semangat pantang menyerah; (4) Nilai perjuangan bangkit dari keterpurukan; (5) Nilai perjuangan meraih kebahagiaan; dan (6) Alternatif bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian berupa nilai perjuangan dalam novel sejarah Dari Hari ke Hari karya Mahbub Djunaidi. Teknik pengumpulan dan pengolahan data menggunakan teknik kajian pustaka. Hasil temuan analisis dalam penelitian ini, yaitu: (1) Unsur intrinsik sebanyak seratus lima puluh sembilan data yang mencakup tema, tokoh, penokohan, alur, gaya bahasa, latar, sudut pandang, dan amanat. (2) Nilai teguh pendirian sebanyak enam puluh tiga data dari seratus sembilan belas total data nilai perjuangan. (3) Nilai sabar dan semangat pantang menyerah sebanyak sembilan belas data dari seratus sembilan belas total data nilai perjuangan. (4) Nilai perjuangan bangkit dari keterpurukan sebanyak enam belas data dari seratus sembilan belas total data nilai perjuangan. (5) Nilai perjuangan meraih kebahagiaan sebanyak dua puluh satu data dari seratus sembilan belas total data nilai perjuangan. (6) Bahan ajar berupa modul nilai perjuangan dalam novel sejarah Dari Hari ke Hari karya Mahbub Djunaidi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-29

How to Cite

Ramadhan Attalarik Iskandar (2022) “KAJIAN NILAI PERJUANGAN DALAM NOVEL MAHBUB DJUNAIDI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF ANALISIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR NOVEL SEJARAH”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2), pp. 160–179. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i2.295.

Issue

Section

Articles